10 Pertimbangan dalam Memilih Tas Koper

Koper adalah kebutuhan pribadi yang sangat fungsional saat bepergian. Koper dapat menyimpan banyak barang bawaan secara aman dan ringkas. Ada banyak pilihan tas koper yang tersedia di pasaran dengan beragam model, ukuran, dan merk. Bagaimana cara memilih tas koper yang baik dan cocok dengan keperluan anda? Berikut beberapa hal yang sebaiknya anda pertimbangkan saat memilih sebuah tas koper.

1. Ukuran
Tas koper tersedia dalam beragam ukuran untuk mengakomodasi berbagai keperluan. Secara umum ukuran tas koper yang anda perlukan ditentukan seberapa banyak barang yang akan anda simpan dalam tas koper tersebut. Jangan sampai anda membeli tas koper yang dengan ukuran yang tidak sesuai kebutuhan. Tas koper yang kebesaran hanya akan merepotkan, sedangkan tas koper yang kekecilan tidak dapat menampung sejumlah barang yang anda inginkan.

2. Bahan
Tas koper yang baik terbuat dari bahan yang kuat tidak hanya bagian luar tetapi juga bagian dalam tas. Pertimbangkan juga kemudahan tas untuk dibersihkan. Umumnya tas koper modern terbuat dari bahan sintetis yang kaku tetapi tidak mudah penyok.

3. Ruang Dalam Tas
Saat memilih tas koper pastikan anda memperhatikan ruang di dalam tas. Tas koper yang baik memiliki separator, sabuk pengaman, dan ruang yang dapat menyimpan barang khusus berupa kantong atau ruang dengan sleting. Hal ini sangat membantu anda dalam menata barang bawaan supaya lebih aman dan mudah ditemukan saat diperlukan.

4. Gagang
Pastikan anda memilih tas koper dengan gagang yang nyaman dipegang dan diangkat dengan satu tangan. Gagang yang nyaman dipegang adalah memiliki diameter ukuran yang cukup besar untuk digenggam, tidak memiliki sudut yang keras, dan memiliki permukaan yang nyaman di telapak tangan. Jika memungkinkan pilihlah tas koper dengan dua gagang pegangan sehingga dapat diangkat dari sisi panjangnya atau dari sisi lebarnya. Hindari memilih tas koper dengan pegangan berupa tali pipih, kecuali jika koper tersebut kecil dan ringan.

5. Roda
Tas koper yang berukuran besar pastilah sangat berat untuk diangkat. Untuk tas koper yang cukup berat, dapat dibawa dengan didorong atau ditarik jika tas tersebut memiliki roda. Pastikan anda memilih tas koper yang memiliki roda jika tas tersebut cukup besar. Beberapa tas koper memiliki empat roda, tetapi ada juga yang memiliki dua roda. Tas koper yang memiliki roda umumnya memiliki gagang tarik yang dapat dipanjangkan untuk mempermudah menarik atau mendorong tas tersebut.

6. Kancing
Dewasa ini tas koper umumnya menggunakan kancing sleting. Pilihlah tas koper dengan kancing sleting yang besar dan kokoh. Kancing sleting yang kecil lebih mudah selip, terlepas, atau tersangkut.

7. Anggaran
Tas koper tersedia di pasaran dengan rentang harga yang sangat bervariasi mulai dari sekitar ratusan ribu sampai dengan beberapa juta rupiah. Perbedaan harga ini umumnya dipengaruhi faktor merk dan kualitas bahan. Anda sebaiknya menentukan seberapa besar anggaran yang rela anda bayar untuk sebuah tas koper.

8. Model
Tas koper klasik berbentuk kotak dengan sudut-sudut yang kaku. Tas koper modern tampil dengan bentuk yang lebih modis dan tanpa sudut-sudut yang kaku. Anda sebaiknya membandingkan beberapa model tas koper sebelum menentukan tas koper yang paling anda sukai.

9. Tema
Kebanyakan tas koper tampil dengan tema umum yang cocok untuk digunakan siapa saja. Namun ada juga tas koper yang tersedia dengan tema-tema tertentu untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang sangat memperhatikan penampilan. Tas koper tersedia dengan desain fenimim dan warna cerah bagi para konsumen wanita. Tas koper yang lebih maskulin umumnya memiliki bentuk lebih kaku dan warna klasik. Bagi para remaja, tas koper tersedia dengan desain tematik yang cocok untuk anak muda.

10. Merk
Tas koper yang tersedia di pasaran sangat beragam dan dari berbagai merk. Sebagian berasal dari brand nasional tetapi banyak juga yang merupakan brand impor. Umumnya merk sebuah tas koper juga mewakili harga dan kualitas. Pilihlah tas koper dengan merk yang anda sukai berdasarkan kemampuan anggaran anda.

Comments
  1. Hebergeur

    Memilih tas yang tepat itu tidak mengacu pada 1 jenis backpack ideal, namun tergantung pada jenis dan selera traveling kita. Kadang backpack lebih versatil, tapi koper bisa lebih nyaman. Kadang top load backpack better, yang lain milih front load. Ukuran besar kadang memang perlu, namun semakin kecil semakin mudah memanuver medan. Saya tanya ke diri saya sendiri. Traveling saya nanti itu akan seperti apa? Ransel apa yang cocok buat kami?

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *