10 Manfaat Vitamin E bagi Kesehatan

Biji bunga matahari

Vitamin E dikenal sebagai vitamin yang memiliki khasiat antioksidan yang sangat bermanfaat. Ada banyak manfaat vitamin E bagi tubuh kita sehingga mendapatkan asupan vitamin E dari makanan sangat penting bagi kesehatan. Contoh makanan yang mengandung vitamin E antara lain biji bunga matahari, brokoli, wortel, alpukat, telur, almond, kedelai, kacang merah, kacang tanah, minyak zaitun, minyak kanola, dan lain sebagainya. Apa manfaat vitamin E bagi kesehatan tubuh? Berikut beberapa kegunaan vitamin E dalam tubuh kita.

1. Menangkal Radikal Bebas
Vitamin E termasuk antioksidan kuat yang membantu melindungi sel terhadap molekul tidak stabil dan sangat reaktif yang disebut radikal bebas. Antioksidan menetralkan radikal bebas sehingga menjadi stabil. Kerusakan sel akibat radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel pada berbagai jaringan tubuh.

2. Menjaga Kesehatan Mata
Vitamin E bersama dengan antioksidan lainnya seperti mineral seng, beta-karoten, dan vitamin C, dapat membantu melindungi mata terhadap degenerasi makula.

3. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular
Vitamin E bertindak sebagai antikoagulan yang mencegah penggumpalan darah yang tidak normal. Vitamin E juga mengubah kelengketan lapisan limfa dan pembuluh darah sehingga mencegah keping darah (platelet) dan komponen-komponen lain lengket pada dinding pembuluh darah dan menyumbat aliran darah. Kekurangan vitamin E meningkatkan resiko penggumpalan darah yang tidak normal yang dapat mengakibatkan serangan jantung dan stroke.

4. Menjaga Kesehatan Kulit
Vitamin E banyak digunakan sebagai bahan perawatan tubuh karena vitamin E dapat memberi perlindungan pada kulit terhadap sinar matahari.

5. Menjaga Kesehatan Rambut dan Kuku
Vitamin E membantu pembentukan keratin yang merupakan bahan penyusun rambut dan kuku. Vitamin E digunakan sebagai salah satu bahan shampoo yang bermanfaat menyuburkan pertumbuhan rambut sekaligus menjaga kesehatan kulit kepala.

6. Mengurangi Resiko Kanker
Mencukupi kebutuhan vitamin E melalui konsumsi makanan dapat mengurangi resiko kanker. Vitamin E merupakan antioksidan kuat yang dapat mencegah kerusakan DNA sel akibat radikal bebas. Kerusakan DNA sel yang dapat menyebabkan mutasi sel yang memicu tumor.

7. Membantu Imunitas Tubuh
Banyak makan makanan yang mengandung vitamin E dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Sifat antioksidan pada vitamin E membantu melindungi membran sel darah putih.

8. Membantu Pembentukan Sel Darah Merah
Vitamin E bermanfaat membantu pembentukan sel darah merah. Salah satu gejala defisiensi vitamin E adalah kurangnya jumlah sel darah merah.

9. Membantu Penggunaan Vitamin K
Mendapatkan asupan vitamin E yang cukup bermanfaat bagi tubuh untuk memanfaatkan nutrisi lainnya. Vitamin E diketahui berperan membantu tubuh memanfaatkan vitamin K.

10. Membantu Metabolisma
Memenuhi kebutuhan asupan harian vitamin E juga dapat membantu mempertahankan metabolisma tubuh agar tetap tinggi. Metabolisma tubuh yang baik membantu tubuh memaksimalkan pengelolaan dan pemanfaatan nutrisi dari makanan untuk menghasilkan energi dan mempertahankan pertumbuhan tubuh yang sehat.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *