10 Manfaat Pemasaran dengan Internet (Pemasaran Secara Online)

Internet banyak memudahkan aktivitas di berbagai bidang, termasuk bisnis. Salah satu aplikasi  internet dalam bidang bisnis adalah untuk memasarkan produk. Apa kelebihan pemasaran secara online melalui media internet? Berikut beberapa keuntungan memasarkan produk (barang maupun jasa) melalui internet.

1. Aktif Setiap Saat
Pemasaran melalui internet bersifat kontinu. Selama orang dapat mengakses situs tempat anda memasarkan produk anda,  mereka dapat melihat iklan anda 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.

2. Tidak Terbatas Ruang dan Waktu
Bertransaksi secara online membuat anda tidak perlu bertemu langsung dengan pelanggan. Anda dapat memasarkan produk ke mana saja, tanpa perlu menentukan lokasi beriklan karena pada dasarnya iklan anda dapat dilihat siapapun dan dari manapun selama mereka mendapatkan akses internet.

3. Biaya Rendah
Biaya pemasaran dengan internet jauh lebih murah. Pada dasarnya anda cukup membuat iklan di sebuah situs. Anda juga dapat meningkatkan kunjungan ke situs anda dengan menggunakan jasa optimisasi situs dengan biaya yang sangat murah.

4. Kemudahan Membidik Pasar
Anda memiliki kemudahan untuk beriklan di komunitas tertentu misalnya forum, email group, atau social media. Misalnya anda akan menjual gadget, anda dapat memasang iklan pada situs, forum, atau group tertentu yang hanya diikuti oleh peminat gadget.

5. Kemudahan Organisasi
Anda cukup menyediakan catalog secara online sehingga anda tidak perlu menawarkan berbagai barang dan menjelaskan fitur masing-masing barang kepada setiap pelanggan.

6. Kemudahan Stoking Barang
Jika anda berjualan barang, anda mungkin tidak perlu memiliki gudang yang besar. Anda dapat bekerjasama dengan supplier setiap kali ada pesanan. Anda bahkan bisa membuat barang tertentu setelah ada pesanan.

7. Lebih Sedikit Karyawan
Karena anda tidak perlu berhadapan langsung dengan pelanggan, anda tidak perlu memiliki banyak karyawan untuk melayani pengunjung yang ramai. Anda hanya perlu karyawan yang memproses pemesanan barang.

8. Hanya Melayani Pembeli
Anda tidak akan keberatan jika banyak orang yang datang dan pergi ke toko online anda hanya untuk melihat-lihat. Pada dasarnya anda hanya akan melayani pembeli yang bertransaksi.

9. Analisis Pasar
Dengan menggunakan website anda akan dapat melacak pengunjung website anda untuk mengetahui dari mana mereka berasal dan apa yang mereka cari. Hal ini akan membantu anda menyediakan barang yang banyak disukai pelanggan. Anda juga dapat mengumpulkan data pelanggan aktif mengenai nama dan alamat email mereka untuk memberikan penawaran khusus.

10. Kemudahan Managemen
Anda tidak harus selalu berada di tempat khusus untuk melayani pembeli atau melakukan managemen situs online anda.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *