10 Manfaat Minyak Ikan bagi Kesehatan

Minyak ikan merupakan suplemen kesehatan yang terbuat dari jaringan ikan berlemak seperti salmon, tuna, makarel, herring, trout danau, sardine, atau jenis ikan lainnya. Minyak ikan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Minyak ikan mengandung asam lemak omega-3, terutama asam eikosa-pentanoat (eicosapentaenoic acid, disingkat EPA) dan asam dokosa-heksanoat (docosahexaenoic acid disingkat DHA). Berikut beberapa khasiat minyak ikan untuk kesehatan.

Gambar foto minyak ikan

Minyak ikan kaya manfaat untuk kesehatan

1. Menyehatkan Sistem Cardiovaskular (Jantung dan Pembuluh Darah)
Asam lemak omega-3 membantu menurunkan kolesterol, trigliserida, dan tekanan darah. Asam lemak omega-3 juga membantu meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik). Asam lemak omega-3 juga mencegah penggumpalan darah.

2. Meredakan Nyeri dan Inflamasi
Asam lemak omega-3, khususnya EPA memiliki efek positif terhadap inflamasi (radang) sehingga bermanfaat mencegah dan menyembuhkan kondisi nyeri seperti artritis, prostatitis, dan cystitis.

3. Memperkuat Kekebalan Tubuh
Asam lemak omega-3 juga membantu memperkuat imunitas (kekebalan) tubuh sehingga menangkal penyakit-penyakit yang umum seperti batuk, flu, dan demam.

4. Menyehatkan Otak
Asam lemak omega-3 dikenal sebagai nutrisi otak yang membantu meningkatkan kemampuan mengingat, berpikir, dan berkonsentrasi.

5. Meringankan Depresi dan Psikosis
Omega-3 meredakan gejala-gejala depresi, bipolar, dan psikosis.

6. Mengurangi Resiko Kanker
Hasil studi menunjukkan omega-3 mengurangi resiko kanker payudara, kanker kolon, dan kanker prostat.

7. Menjaga Kesehatan Mata
DHA merupakan nutrisi penting bagi kesehatan mata, yang mencegah degenerasi makula karena usia tua.

8. Menyehatkan Kulit
Minyak ikan bermanfaat bagi kulit karena membantu memelihara kelembaban kulit dan membantu menyembuhkan masalah kulit seperti eksim, psoriasis, ruam, dan skin lession.

9. Menyehatkan Rambut
Minyak ikan membantu menjaga kesehatan rambut. Omega-3 merupakan zat gizi bagi folikel rambut, sehingga mempercepat pertumbuhan rambut dan mencegah rambut rontok.

10. Membantu Mengurangi Berat Badan
Minyak ikan membantu meningkatkan laju metabolisma tubuh sehingga mengurangi penimbunan lemak tubuh.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *