10 Manfaat Mineral Potassium bagi Kesehatan

Kentang

Potassium atau kalium adalah mineral terbanyak ketiga dalam tubuh kita. Potassium sangat penting bagi kesehatan karena defisiensi potassium dapat menimbulkan berbagai gejala masalah kesehatan seperti lesu, otot lemah, berkurangnya refleks, ritme jantung tidak normal, anemia, dan sakit kepala. Hypokalemia adalah sebutan bagi seseorang yang mengalami kekurangan potassium dalam darahnya.
Potassium banyak terdapat dalam bahan makanan nabati maupun bahan makanan hewani. Beberapa bahan makanan yang merupakan sumber potassium yang baik antara lain dari jenis sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, kacang biji, daging merah, daging unggas, dan ikan. Contoh makanan yang banyak mengandung potassium jamur, pepaya, melon cantaloupe, tomat, wortel, kentang, brokoli, asparagus, ubi jalar, kacang merah, almond, ayam, daging sapi, ikan salmon, susu, yogurt, dsb. Apa manfaat potassium bagi kesehatan? Berikut beberapa manfaat mineral potassium yang telah banyak diketahui.

1. Mengendalikan Tekanan Darah

Potassium dikenal sebagai mineral yang membantu mengurangi resiko tekanan darah tinggi. Kelebihan sodium (natrium) dalam tubuh dapat meningkatkan tekanan darah. Potassium dapat mencegah kenaikan tekanan darah akibat kelebihan sodium.

2. Menjaga Fungsi Otot dan Syaraf
Potassium berperan penting dalam mengatur kontraksi otot dan relaksasi otot. Sebagian besar ion potassium dalam tubuh kita terdapat dalam otot. Potassium membantu mempertahankan fungsi otot dan syaraf serta membantu fungsi gerakan refleks. Kram otot adalah salah satu gejala kekurangan mineral potassium dalam darah.

3. Menjaga Kesehatan Tulang
Potassium bermanfaat bagi kesehatan tulang. Potassium turut berperan penting dalam menetralkan kelebihan keasaman tubuh yang dapat mempengaruhi kadar kalsium dalam tubuh yang sangat diperlukan untuk menjaga kepadatan tulang.

4. Membantu Metabolisma

Potassium membantu proses metabolisma karbohidrat dan lemak. Potassium turut berperan dalam membantu tubuh untuk memperoleh energi dari makanan yang kita konsumsi.

5. Mengurangi Resiko Stress
Potassium turut berperan membantu fungsi hormonal tubuh termasuk terhadap hormon yang yang mempengaruhi stress seperti cortisol dan adrenalin.

6. Menjaga Keseimbangan Air
Potassium merangsang ginjal untuk membuang limbah sisa metabolisma sehingga menjaga keseimbangan kadar air di dalam tubuh.

7. Menjaga Kesehatan Ginjal
Mendapatkan cukup asupan potassium dari makanan dapat mengurangi resiko terbentuknya batu ginjal. Potassium bermanfaat mengurangi ekskresi kalsium. Salah satu penyebab batu ginjal adalah tingginya kadar kalsium dalam urin.

8. Mengatur Keasaman dalam Tubuh
Proses metabolisma dalam tubuh menghasilkan beberapa berbagai asam yang dapat meningkatkan keasaman (pH) tubuh yang harus dinetralkan oleh senyawa yang bersifat basa. Potassium adalah salah satu mineral yang bersifat basa dan berperan dalam menetralkan keasaman cairan tubuh.

9. Membantu Fungsi Otak
Mencukupi kebutuhan potassium bagi tubuh dapat membantu fungsi otak. Potassium membantu transport oksigen dan bertindak sebagai neurotransmitter yang membawa sinyal-sinyal syaraf.

10. Menjaga Kesehatan Kulit
Karena potassium membantu menjaga keseimbangan air berdasarkan kebutuhan sel maka mineral ini juga membantu menjaga kulit agar tetap terhidrasi dan terjaga kelembabannya. Selain itu potassium juga membantu pertumbuhan sel-sel tubuh termasuk pada jaringan kulit.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *