10 Manfaat Makan Sayur Kol

Sayur kol

Kol adalah sayur yang murah dan serbaguna. Sayur kol juga sangat mudah diolah, karena bisa disajikan mentah, setengah matang atau dimasak matang. Sayur kol kadang digunakan sebagai pelengkap sajian hidangan tertentu seperti nasi goreng, ayam goreng, soto, salad, dsb. Makan sayur kol dapat memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa manfaat sayur kol? Beberapa manfaat sayur kol antara lain sbb.

1. Mengurangi Resiko Kanker
Kol mengandung bahan yang memiliki kemampuan melawan kanker berupa lupeol, sinigrin, diindolylmethane (DIM), indole-3-carbinol (13C), dan sulforaphane. Zat-zat ini dapat membantu memicu enzim yang melawan dan menghambat pertumbuhan tumor.

2. Melawan Peradangan (Inflamasi)
Kol mengandung asam amino glutamine dan dipercaya membantu meredakan beberapa bentuk peradangan (inflamasi).

3. Meningkatkan Imunitas Tubuh
Sayur kol kaya vitamin C yang dikenal berkhasiat meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu melawan efek radikal bebas dalam tubuh.

4. Menyehatkan Mata
Kol mengandung beta karoten yang merupakan nutrisi penting bagi kesehatan mata yang bermanfaat melindungi mata dari katarak dan degenerasi makula karena usia.

5. Melancarkan Pencernaan
Makan sayur kol dapat membantu melancarkan pencernaan karena kol mengandung serat yang sangat bermanfaat membantu pencernaan makanan dalam usus.

6. Mengurangi Resiko Anemia
Makan sayur kol dapat mengurangi resiko anemia. Kol kaya akan folat yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah.

7. Mengurangi Resiko Penyakit Alzheimer
Sayur kol kaya akan vitamin K yang bermanfaat membantu mengurangi plak pada otak sehingga membantu mencegah penyakit Alzheimer.

8. Meredakan Nyeri Otot
Mengkonsumsi sayur kol dapat memberikan kebaikan bagi otot. Kol mengandung asam laktat yang diketahui berkhasiat mengurangi nyeri otot.

9. Menguatkan Tulang
Sayur kol merupakan sumber mineral mangan dan kalsium yang memadai. Kedua unsur ini sangat diperlukan dalam pembentukan struktur tulang yang kuat.

10. Mengendalikan Tekanan Darah

Kol merupakan sumber mineral potassium (kalium) yang baik. Potassium merupakan nutrisi yang bermanfaat membantu mengendalikan tekanan darah.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *