10 Manfaat Makan Kacang Tanah

Kacang tanah adalah termasuk keluarga legume yang merupakan sumber protein nabati yang istimewa. Kacang tanah bisa dipanggang, digoreng, direbus, bahklan bisa dimakan mentah. Kacang tanah juga banyak digunakan dalam berbagai produk olahan makanan. Kacang tanah diketahui kaya akan gizi yang sangat berguna untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat makan kacang tanah.

1. Membantu Pembentukan Otot
Kacang tanah mengandung protein yang berguna untuk membentuk otot khususnya pada orang dalam masa pertumbuhan. Protein juga dalam metabolism untuk menghasilkan energi.

2. Menguatkan Tulang dan Gigi
Kacang tanah mengandung kalsium yang sangat diperlukan untuk pembentukan tulang dan gigi yang sehat dan kuat.

3. Mencegah Anemia
Kacang tanah mengandung zat besi yang sangat penting dalam pembentukan sel darah merah. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia.

4. Merawat Kulit
Kacang tanah kayak an vitamin E . Vitamin E merupakan antioksidan yang membantu menyehatkan kulit yang melindungi dari kerusakan karena radikal bebas.

5. Membantu Menjaga Kesehatan Janin dalam Kandungan
Kacang tanah banyak mengandung folat yang diketahui sangat bermanfaat untuk kesehatan janin dan mencegah bayi lahir cacat.

6. Membantu Mengendalikan Glukosa Darah
Kacang tanah mengandung mineral mangan yang diketahui berperan dalam metabolism karbohidrat dan lemak, penyerapan kalsium dan pengendalian glukosa darah.

7. Mengurangi Depresi
Kacang tanah banyak mengandung tryptophan, suatu asam amino esensial yang penting untuk produksi serotonin. Serotonin adalah bahan kimia yang terlibat dalam pengendalian mood. Saat terjadi depresi, lebih sedikit serotonin yang dilepaskan dari sel-sel syaraf. Tryptophan dapat meningkatkan efek antidepressant dari serotonin jika terjadi peningkatan jumlah serotonin dalam darah.

8. Menyehatkan Otak
Kacang tanah mengandung vitamin B3 atau niacin yang diketahui membantu meningkatkan memori otak. Niacin juga berperan mengurangi resiko penyakit Alzheimer.

9. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Kacang tanah banyak mengandung lemak takĀ  jenuh tunggal (monounsaturated fat) dan asam oleat yang ramah terhadap jantung.

10. Mengurangi Resiko Kanker

Kacang tanah mengandung fitosterol yang disebut beta-sitosterol yang membantu mencegah tumbuhnya tumor.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *