10 Manfaat Internet dalam Bidang Sosial

Internet merupakan salah satu teknologi yang paling luas pemanfaatannya termasuk di bidang sosial. Pemanfaatan internet di bidang sosial ini didorong oleh penggunaan berbagai gadget yang terkoneksi dengan internet seperti komputer, laptop, tablet, smartphone, jam tangan, dan kamera. Penggunaan internet dapat memberikan sejumlah manfaat di bidang sosial antara lain sebagai berikut.

1. Menjadi Media Silaturahmi
Internet dapat menjadi media silaturahmi antar anggota keluarga, sanak famili, kolega, dan teman yang berjauhan jaraknya. Internet memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan media komunikasi lainnya misalnya surat yang dikirim melalui pos, fax, telepon, atau SMS. Melalui  berbagai fasilitas komunikasi online seperti media sosial, email, chatting, blog, atau video langsung, pengguna internet dapat saling mengobrol dan membagi foto atau video. Hal ini dapat meningkatkan intensitas komunikasi antar pengguna.

2. Menambah Teman

Banyak situs, blog, forum, dan media sosial yang membuat pengguna saling mengenal satu sama lain tanpa mengenal batasan wilayah daerah atau negara.

3. Menyediakan Forum Diskusi
Internet menyediakan banyak forum tempat berdiskusi yang sangat bermanfaat bagi setiap orang ingin meningkatkan pengetahuan di berbagai bidang.

4. Menjadi Media Komunikasi antara Pemerintah dan Masyarakat
Internet banyak digunakan untuk menampung aspirasi masyarakat. Pemerintah membuka website pengaduan, usul dan saran, dan menampung aspirasi masyarakat berkaitan dengan kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah.

5. Menyediakan Konsultasi Gratis
Internet mempermudah komunikasi antar pengguna. Banyak professional di berbagai bidang yang menyediakan bantuan konsultasi secara gratis melalui internet misalnya dokter, fotografer, guru, seniman, olahragawan, dan lain sebagainya.

6. Menyediakan Media Pembelajaran
Internet banyak membantu orang-orang yang ingin belajar mengenai hal-hal yang diminatinya. Internet menyediakan sarana berbagi ilmu melalui website, blog, forum, dan media sosial. Banyak orang suka mencari ilmu dari internet karena gratis.

7. Menjadi Sarana Kampanye
Dengan semakin banyaknya orang yang menggunakan internet menjadikan internet sebagai salah satu media yang efektif dalam meningkatkan pemahaman, kesadaran dan ajakan kepada  masyarakat luas mengenai isu-isu penting misalnya melalui kampanye pola hidup sehat, menjaga kelestarian hutan bakau, peduli penderita AIDS, dan lain sebagainya.

8. Membantu Memudahkan Kegiatan Sosial
Internet banyak membantu kegiatan sosial seperti pengumpulan dana, aksi sosial, pemberian bantuan hukum, dan lain sebagainya. Sifat internet yang global dan terbuka sangat memudahkan siapa saja terlibat dalam aktivitas sosial secara sukarela.

9. Menjadi Media Komunikasi Komunitas
Kemudahan berkomunikasi dan berbagi informasi melalui internet banyak dimanfaatkan oleh komunitas masyarakat untuk berkumpul secara online. Komunitas masyarakat kini tidak lagi dibatasi oleh wilayah atau negara. Hal ini sangat bermanfaat dalam membangun komunitas yang lebih berdaya guna.

10. Menumbuhkan Solidaritas
Internet banyak membatu mengumpulkan orang-orang yang memiliki ide dan kepedulian yang sama. Hal ini bisa menjadi media pemersatu untuk memperjuangkan nasib, membela kaum tertindas, mengumpulkan petisi, dan lain sebagainya.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *