10 Manfaat Fosfor bagi Kesehatan

Udang

Kebutuhan tubuh kita akan mineral fosfor hampir sama dengan kebutuhan tubuh kita akan mineral kalsium. Fosfor adalah mineral terbanyak kedua di dalam tubuh setelah kalsium. Hal ini menunjukkan bahwa mineral fosfor sangat penting bagi tubuh kita. Oleh karena itu setiap orang harus mengusahakan untuk mendapatkan asupan mineral fosfor yang cukup melalui konsumsi makanan alami. Beberapa bahan makanan alami yang banyak mengandung fosfor antara lain daging, kacang, legume, susu dan produk susu, biji bunga matahari, beras, kentang, brokoli, dsb. Ada banyak manfaat mineral fosfor bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat penting mineral fosfor.

1. Menjaga Kekuatan Tulang dan Gigi
Fosfor adalah salah satu komponen penting penyusun struktur tulang dan gigi yang sehat dan kuat. Kekurangan mineral fosfor dalam tubuh dapat meyebabkan tulang keropos (osteoporosis) serta masalah kesehatan gigi dan gusi.

2. Membantu Pencernaan
Fosfor berperan penting dalam membantu pencernaan. Mineral ini menstimulasi pencernaan riboflavin (vitamin B2) dan niacin (vitamin B3). Kedua vitamin ini berperan membantu metabolisma tubuh.

3. Melancarkan Urinasi
Fosfor bermanfaat menjaga kesehatan ginjal. Mineral ini diketahui membantu melancarkan urinasi (buang air kecil). Urinasi yang lacar membantu tubuh membuang limbah metabolisma sehingga mengurangi resiko kelebihan asam urat, garam, air, lemak, dan bahan lain di dalam tubuh yang tidak diperlukan.

4. Membantu Pembentukan Protein
Fosfor juga diperlukan tubuh untuk membantu sintesa protein yang sangat diperlukan untuk membangun jaringan tubuh dan memperbaiki jaringan yang rusak. Memenuhi kebutuhan fosfor menjamin pertumbuhan tubuh yang sehat khususnya bagi anak dalam usia pertumbuhan.

5. Menjaga Keseimbangan Hormon

Menjaga kecukupan asupan harian akan mineral fosfor bermanfaat menjaga dan mengendalikan keseimbangan hormon. Fosfor diketahui turut berperan dalam mengendalikan kelenjar-kelenjar hormon.

6. Membantu Metabolisma Tubuh
Fosfor turut membantu metabolisma tubuh karena fosfor berperan dalam pemanfaatan karbohidrat dan lemak. Metabolisma yang baik dapat meningkatkan efektifitas tubuh untuk menghasilkan energi dan mengurangi resiko kelebihan berat badan.

7. Membantu Fungsi Otot dan Syaraf
Fosfor bermanfaat  membantu fungsi otot dan syaraf. Mencukupi kebutuhan tubuh akan mineral fosfor dapat menjaga kesehatan otot dan syaraf. Suplemen fosfat dapat membantu mengurangi kelelahan otot dan nyeri otot.

8. Memperbaiki Sel
Tubuh kita juga menggunakan mineral fosfor untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak karena berbagai penyebab. Hal ini menjamin bahwa sel-sel tubuh akan tumbuh dengan sehat sehingga memaksimalkan fungsi sel.

9. Menyehatkan Otak

Salah satu organ penting yang memerlukan fosfor adalah otak. Fosfor merupakan salah satu komponen penting penyusun jaringan otak yang membantu fungsi otak. Mencukupi kebutuhan fosfor dengan mengkonsumsi makanan alami bermanfaat bagi kesehatan otak.

10. Membantu Proses Biokimia
Untuk menyelenggarakan fungsi sel, jaringan, dan organ, di dalam tubuh kita selalu terjadi reaksi kimia baik yang melibatkan nutrien, hormon, enzim, dan lain sebagainya. Fosfor merupakan salah satu ko-faktor bagi berlangsungnya beberapa proses kimiawi di dalam tubuh kita.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *