10 Manfaat Bendungan (Waduk)

Bendugan atau waduk

Bendungan atau waduk merupakan danau buatan yang dibentuk dari aliran sungai yang dibendung sehingga menampung air dalam jumlah besar. Bendungan dibangun karena dapat memberikan banyak manfaat bagi pengelolaan air, khususnya di sekitar daerah aliran sungai. Apa manfaat waduk atau bendungan? Berikut beberapa manfaat waduk atau bendungan.

1. Menyimpan Cadangan Air
Bendungan dapat menampung air dalam jumlah banyak yang sangat diperlukan untuk rumah tangga, industri, pertanian, dan lain sebagainya. Dengan adanya bendungan cadangan air dapat tetap tersedia saat kemarau terjadi.

2. Mencegah Banjir
Bendungan dapat membantu mengatur debit air yang dialirkan melalui sungai atau saluran air. Hal ini dapat mencegah debit air berlebihan yang melewati sungai atau saluran air saat musim hujan tiba, sehingga dapat mencegah terjadinya banjir.

3. Menyediakan Irigasi
Salah satu manfaat terpenting dari sebuah bendungan adalah untuk menyediakan air bagi kebutuhan pertanian. Lahan pertanian selalu membutuhkan air yang cukup agar dapat ditanami sepanjang tahun meskipun terjadi musim kemarau.

4. Menjadi Tempat Wisata
Banyak orang yang senang menikmati keindahan alam di danau dan sekitarnya. Jika suatu daerah dibangun sebuah bendungan yang merupakan danau buatan, maka tempat ini dapat menjadi objek wisata yang menyenangkan. Lingkungan sekitar bendungan seringkali digunakan sebagai tempat piknik, memancing, berkemah, naik perahu, dan lain sebagainya.

5. Menyediakan Energi untuk Pembangkit Listrik
Bendungan dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik melalui Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Bendungan dapat mengatur debit air dengan tekanan tertentu sehingga dapat dimanfaatkan untuk menggerakkan turbin listrik yang menghasilkan daya listrik.

6. Menyediakan Tempat Budidaya Perikanan
Sebagai danau buatan, bendungan menyediakan lahan yang sesuai untuk budidaya perikanan. Banyak waduk yang digunakan sebagai lahan keramba jaring apung.

7. Menjadi Tempat Konservasi Tumbuhan dan Hewan
Danau buatan menyediakan lahan untuk berkembangbiaknya tumbuhan air dan hewan air. Waduk yang luas memungkinkan tumbuhan air dapat tumbuh subur dan hewan liar dapat hidup lebih aman.

8. Menyediakan Arena Olahraga Air
Beberapa jenis olahraga air sangat ideal dilakukan di danau. Bendungan adalah danau buatan yang dapat dijadikan arena olahraga air seperti renang bebas, dayung, dan ski air.

9. Memudahkan Transpotasi di Pedalaman
Pada umumnya yang dijadikan bendungan merupakan sungai atau lembah di daerah pedalaman. Karena air bendungan cukup dalam dan aman untuk dilalui kapal-kapal ukuran kecil, maka bendungan dapat memudahkan transportasi yang menghubungkan daerah-daerah di sekeliling bendungan yang sulit ditempuh dengan alat transportasi darat.

10.  Menyediakan Sumber Daya Hayati yang Dapat Dimanfaatkan
Bendungan sebagai danau buatan menyediakan sumber daya hayati berupa tumbuhan dan hewan yang dapat dimanfaatkan seperti ikan, udang, tanaman eceng gondok, dan lain sebagainya.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *