10 Manfaat Bangun Lebih Pagi

Bangun pagi sangat menyegarkan badan. Sebagian orang suka bangun lebih pagi karena bisa menikmati suasana sunyi dan tenang serta udara segar. Ada juga orang yang senang bangun lebih pagi karena bisa segera mulai melakukan berbagai aktivitas rutin dengan lebih nyaman saat pikiran dan badan yang lebih segar. Namun banyak orang tidak dapat bangun pagi karena berbagai alasan. Jika anda kurang motivasi untuk bangun pagi, berikut beberapa manfaat bangun lebih pagi yang patut anda ketahui.

1. Mendapatkan Waktu yang Tepat untuk Berolahraga

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berolahrga. Anda belum memikirkan pekerjaan dan memiliki waktu luang untuk gerak badan. Anda juga akan merasa nyaman jika berolahraga di luar rumah karena udara masih sejuk, bersih dan segar.

2. Memiliki Waktu Menyiapkan Makanan dengan Layak
Saat bangun kesiangan, anda akan cenderung makan apa adanya. Makanan cepat saji bisa menjadi pilihan mudah bagi anda. Makananan cepat saji cenderung memiliki kandungan gizi yang tidak seimbang. Bangun lebih pagi menyediakan banyak waktu bagi anda untuk menyiapkan makanan secara lebih bersahaja.

3. Meningkatkan Produktivitas
Banyak orang yang produktif memulai aktivitasnya lebih pagi dari orang lain tanpa mengurangi waktu tidur malam.

4. Terhindar dari Macet
Sebagian orang sengaja bangun lebih pagi supaya dapat berangkat menuju tempat beraktivitas sebelum jalan raya mulai macet. Jika anda sering terlambat ke tempat beraktivitas karena macet, cobalah temukan cara agar bisa bangun lebih pagi supaya bisa berangkat lebih awal.

5. Makan Pagi
Sarapan sangat bermanfaat bagi kesehatan dan membuat anda siap beraktivitas dengan penuh energi dan konsentrasi. Jika anda bangun kesiangan, anda mungkin akan melewatkan sarapan.

6. Rileks
Jika anda bangun hanya 15 menit sebelum berangkat, anda akan terburu-buru melakukan segala hal. Anda bahkan tidak sempat melakukan apapun selain persiapan untuk berangkat. Jika anda bangun dua jam sebelumya, anda akan memiliki waktu yang lebih banyak untuk melakukan segala persiapan dengan lebih rileks.

7. Memiliki Waktu yang Tenang
Bangun pagi dapat membantu anda melakukan aktivitas yang membutuhkan ketenangan seperti relaksasi, latihan pernapasan, yoga, beribadah, mencari inspirasi, dsb.

8. Mengurangi Stress Harian
Saat anda bangun kesiangan, anda akan khawatir tidak sempat sarapan, khawatir tidak tampil rapi, khawatir terjebak macet, khawatir terlambat, dsb. Bangun lebih pagi dapat mengurangi berbagai kekhawatiran tersebut.

9. Alternatif Waktu Luang
Banyak orang yang bekerja dari pagi hingga malam hari sehingga tidak memiliki waktu luang untuk melakukan hal-hal menyenangkan seperti menonton tv, membaca buku, menulis blog, membuka berita online, dsb. Bangun lebih pagi dapat menyediakan alternatif waktu luang bagi anda yang sibuk seharian.

10. Tidur yang Teratur
Bangun lebih pagi membuat anda memiliki pola tidur yang teratur. Tidur teratur sangat bermanfaat bagi kesehatan secara umum.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *