10 Makanan yang Membantu Meningkatkan Serotonin Tubuh

Serotonin adalah bahan kimia tubuh yang banyak terdapat dalam usus dan dalam otak. Aktivitas serotonin dalam otak membantu menjaga mood. Serotonin dalam usus perperan penting dalam mengendalikan kerja usus dan menjaga sistem percernaan serta menjaga imunitas tubuh. Serotonin dihasilkan tubuh dengan mengubah senyawa tryptophan yang diperoleh dari makanan dengan bantuan beberapa nutrisi lainnya. Salah satu cara meningkatkan kadar serotonin tubuh adalah dengan mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung nutrisi yang membantu produksi serotonin. Berikut beberapa bahan makanan yang dapat meningkatkan serotonin tubuh.

1. Daging Sapi
Daging sapi dikenal sebagai sumber tryptophan yang memadai. Tryptophan merupakan nutrisi yang diperlukan tubuh dan akan diubah menjadi serotonin.

2. Daging Ayam dan Kalkun
Daging ayam dan kalkun mengandung tryptophan dalam jumlah yang memadai. Daging ayam dan kalkun juga mengandung vitamin B6 yang membantu pembentukan serotonin.

3. Telur
Telur mengandung tryptophan dan omega-3 yang membantu pembentukan serotonin dalam tubuh.

4. Susu dan Produk Susu
Susu dan produk susu seperti keju dan yogurt kaya akan, mineral kalsium yang membantu pembentukan serotonin.

5. Makanan yang Mengandung Karbohidrat Kompleks
Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti roti gandum utuh, pasta, kentang, sereal dan beras merah kaya akan tryptophan.

6. Sayuran Hijau
Kalsium adalah salah satu mineral yang berperan membantu produksi serotonin dalam tubuh. Sayuran hijau seperti kale, bayam, dan brokoli banyak mengandung kalsium.

7. Ikan Berlemak
Ikan berlemak seperti salmon, tuna, dan makarel kaya akan protein dan omega-3 yang membantu produksi serotonin dalam tubuh.

8. Buah-Buahan
Makan buah-buahan yang mengandung folat seperti pisang, jeruk, kiwi, strawberry, alpukat, melon cantaloupe, blackberry, dan tomat dapat membantu meningkatkan serotonin tubuh.

9. Kacang-Kacangan
Kacang-kacangan banyak mengandung vitamin B yang turut berperan membantu tubuh menghasilkan serotonin.

10. Cokelat Hitam
Cokelat hitam (dark chocolate) mengandung sekitar 70% kakao. Kakao memiliki khasiat membantu meningkatkan produksi serotonin dalam tubuh.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *