10 Kebiasaaan yang Bisa Memicu Rambut Rontok

Semua orang ingin memiliki rambut yang sehat dan subur. Salah satu masalah kesehatan rambut yang sering terjadi adalah kerontokan. Rambut rontok dapat disebabkan oleh banyak hal. Beberapa kebiasaan buruk dapat menyebabkan rambut rontok. Berikut beberapa kebiasaan yang dapat memicu rambut rontok.

1. Jarang Mencuci Rambut dengan Shampoo
Mencuci rambut dengan shampoo tidak hanya membersihkan rambut, tetapi juga membersihkan kulit kepala dan memberi nutrisi pada rambut. Kulit kepala kotor dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada kulit kepala dan rambut.

2. Mencuci Rambut Setiap Hari
Mencuci rambut setiap hari bisa mengakibatkan kelenjar sebum (minyak yang menjaga kelembaban rambut) menghasilkan lebih banyak minyak pada kulit kepala. Minyak yang berlebihan pada kulit kepala bisa menjadi penyebab rambut kusam, rambut berminyak atau atau rambut kering. Kondisi rambut tidak sehat ini dapat menyebabkan rambut rontok. Mencuci rambut sebaiknya dilakukan dua hari sekali.

3. Menggunakan Conditioner Berlebihan
Conditioner berguna untuk mempertahankan kelembaban rambut. Pemakaian conditioner berlebihan bisa menjadikan rambut tidak sehat dan memicu kerontokan rambut. Contitioner mengandung protein yang bisa membuat rambut rapuh jika digunakan berlebihan.

4. Menyisir Rambut yang Basah
Dalam kondisi basah, rambut lebih lembut dan lebih mudah patah. Gunakan sisir bergigi jarang untuk rambut basah, atau tunggu rambut kering untuk menyisirnya dengan sisir biasa yang bergigi rapat.

5. Mengikat Rambut yang Basah
Rambut yang basah jika diikat akan menyebabkan rambut susah kering sehingga menyebabkan kelembaban berlebihan pada rambut. Kondisi ini dapat memicu timbulnya jamur pada kepala. Jamur ini dapat menyebabkan gatal dan infeksi pada kulit kepala yang memicu rambut rontok.

6. Menggunakan Hair Dryer dan Catok tanpa Menggunakan Vitamin Rambut
Sering menggunakan hair dryer dan catok pada rambut tanpa memberi vitamin atau pelembab pada rambut dapat membuat rambut menjadi kering, kusam, dan mudah rontok karena panas.

7. Mewarnai Rambut
Penggunaan bahan perawatan rambut yang tidak baik dapat merusak kesuburan rambut. Penggunaan pewarna rambut yang mengandung petroleum dapat merusak folikel rambut. Penggunaaan pewarna rambut yang tidak sehat dalam jangka panjang dan terus-menerus bisa menyebabkan rambut kering dan rontok.

8. Merokok
Selain dapat menyebabkan penyakit kanker, paru-paru dan jantung, merokok juga bisa menyebabkan rambut rontok. Hal ini terjadi karena merokok dapat menyebabkan  masalah pada pembuluh darah akibatnya suplai darah dan nutrisi ke folikel rambut berkurang.

9. Stress
Kondisi stress pada pria dapat menyebabkan meningkatnya produksi hormon. Hormon testoteron dan dihidrotestoteron (DHT) akan meresap ke batang rambut yang menyebabkan penipisan pada rambut. Hal ini dapat menyebabkan rambut tidak sehat, kerontokan, bahkan rambut berhenti tumbuh.

10. Kurangnya Asupan Nutrisi dari Makanan
Kurangnya nutrisi rambut dapat menyebabkan rambut kehilangan kesuburan dan rapuh sehingga mudah patah. Rambut yang sehat membutuhkan nutrisi yang memadai. Jika tubuh kita mendapatkan asupan nutrisi yang memadai dari makanan, rambut mungkin tidak memerlukan nutrisi dari luar. Rambut sehat memerlukan protein, zat besi, seng, vitamin B, asam lemak, dsb. yang dapat dipenuhi dari makanan sehari-hari.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *