10 Cara Merangsang Minat Baca Anak

Gemar membaca dapat memberikan banyak manfaat untuk pengembangan kepribadian. Manfaat gemar membaca antara lain menambah wawasan, pengetahuan, dan kreativitas. Saat yang paling tepat untuk memulai kebiasaan membaca adalah sejak anak sudah dapat membaca. Anda dapat membantu memotivasi anak untuk mulai rajin membaca. Berikut beberapa tips memotivasi anak agar gemar membaca.

1. Mengajak Anak Berdiskusi Mengenai Topik yang Dibaca
Mengajak anak berdiskusi akan memancing minat anak untuk lebih banyak mempelajari apa yang dibahas dalam diskusi. Berdiskusi juga bermanfaat meningkatkan kemampuan anak untuk berkomunikasi dan menyampaikan ide.

2. Bertanya
Bertanya mengenai apa yang dibaca anak akan membuat anak merasa senang karena mendapat perhatian dan apresiasi dari aktivitas membaca. Bertanya juga mendorong anak untuk lebih banyak membaca untuk mencari jawaban pertanyaan kita.

3. Berikan Jawaban dengan Buku
Jika suatu saat anak anda bertanya sesuatu yang memang menjadi topik kesukaannya, berilah ia buku mengenai topik tersebut agar ia mencari sendiri jawaban pertanyaannya. Jika anak bertanya “Apa makanan ikan lele?” berikan buku yang membahas mengenai ikan lele.

4. Ajak Ke Toko Buku
Kadang anak tidak punya ide mengenai topik apa yang ia sukai. Ajaklah ia ke toko buku biarkan ia menemukan sesuatu yang menarik dari buku.

5. Berikan Majalah
Majalah anak berisi beragam topik, pasti ada topik-topik tertentu yang disukai anak. Ini dapat membantu anda mengetahui minat baca anak.

6. Tawarkan Buku Kepada Anak
Jika anda kebetulan pergi ke toko buku tanpa mengajak anak, anda bisa menanyakan apakah ia juga mau dibelikan buku. Demikian pula jika anda memesan buku melalui internet, tawari anak untuk memilih salah satu buku.

7. Ciptakan Suasana yang Mendukung Anak Gemar Membaca
Sediakan waktu membaca dalam keluarga. Sediakan ruang baca khusus dan rak buku keluarga

8. Sediakan Bacaan Keluarga
Sediakan bahan bacaan keluarga berupa buku, majalah, koran, dan lain sebagainya yang dapat dibaca semua anggota keluarga.

9. Kunjungi Event Buku
Ajak anak mengunjungi event buku, seperti pameran buku, bazaar buku, promo/diskon di toko buku, dan even lain yang mungkin menyediakan buku murah.

10. Berikan Pemahaman Mengenai Manfaat Banyak Membaca
Beri motivasi kepada anak agar gemar membaca dengan memberikan gambaran dan contoh manfaat kebiasaan membaca. Misalnya dengan mengatakan bahwa si A bisa menang kuis karena banyak membaca, si B bisa menjadi penulis terkenal karena rajin membaca, si C pintar ceramah karena suka membaca, dst.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *